Curhat

2002
Sometimes I felt like I wanna tell the world how my batch really is. 2002 itu adalah angkatan fenomenal yang terjadi tiap 1000 tahun dan salah satu keunikannya adalah 2002 itu palindrom ^__^. And I'm proud being the part of it.

Some reasons why I adore this batch:
1. Di tahun gue inilah, SPMB pertama kali diadakan n bikin panik bimbingan2 belajar di kota gue dulu (Medan) karena kesimpangsiuran informasi. Apa masih sama ato udah beda dengan yang namanya UMPTN??
2. Waktu gue SD, pemerintah mencanangkan program CBSA (Cara Belajar Siswa Aktif) yang lagi2 bikin orang tua murid panas gara2 buku2 kakaknya ngga bisa diturunin ke ade2nya.
3. Pas gue masuk UI, program PDPT pertama kali di-launch dan statusnya masih dalam tahap uji coba. Through this program, we were taught how to be critical thinker, dan walaupun sistem penilaiannya ngga jelas, gue seneng aja soalnya selama 1bulan lebih kita belajar bareng Fakultas laen yang notabene ngebuka cara pikiran anak2 komputer yang rata2 kuper n individualis, e.g.: Fak. Psikologi n FIK
4. Pas gue kuliah di Fasilkom, terjadi fenomena sekali 10taun, anak2 2002 sebagian walk out pas evaluasi mabim. Hahahahaha....!!! Now I can laugh soalnya sekarang gue nyadar betapa begonya sistem mabim n MK bapuk jaman dulu itu.
Gue yang dulu mengidolakan sistem2nya senior gue untuk saling mengenal dan membina 'kekerabatan' sekarang cuma bisa makan ati berhadapan dengan alumni2 yang berasa superior,
yang berasa ngga perlu nge-reach juniornya kalo juniornya ngga minta saran/petunjuk,
yang ngerasa kalo anak yang ngga ikut MK itu bukan 'kerabat' (well, like one of my friend's cynical words, "mereka itu temen kalian...tapi kalo di acara MK mereka itu bukan temen kalian"),
yang ngerasa kalo MK itu ajang senang2 antar senior without even think how the effect will affect (??) the newbies,
yang berasa kalo DK ngga pake bentak2an n ngga pake skenario panitia vs alumni itu ngebosenin n ngga seru n ngga pantas untuk ditonton,
yang ngerasa kalo sesuatu yang bertentangan ama prinsip mereka harus dibasmi dari muka bumi,
yang nge-judge suatu angkatan tanpa pertimbangan jelas n alasan yang masuk akal,
yang pikirannya bebal banget ampe sensitif ama yang namanya 'perubahan' karena ngerasa terancam,
yang ngga ngehargain apa yang udah dilakuin juniornya n malah nekenin ama keburukannya juniornya doang (like what?? ngga kenal senior?? yeah, rite!),
yang ngga pernah ngucapin penghargaan ama juniornya di saat mereka udah nyoba yang terbaik (padahal mereka tahu gimana pujian itu bisa ngebangkitin semangat walaupun segimana kecilnya),
yang sombong banget n kudu musti dijilat dulu biar 'deket'...

well, cape ati juga nulisnya =|

Gue sedih banget kadang2 kalo mikirin masalah basi ini.
Hey, who am I to think this matter so seriously???
Gue bukan siapa2 waktu SMU, gue ngga pernah mikir ginian pas SMP, tapi napa sih pas gue kuliah (yang katanya anak2nya jauh lebih acuh dibandingin SMU) gue malah sibuk banget ngurusin ini?

Just one thing, I felt like finding my own community di sini, tempat gue bisa cerita bareng2, tempat gue bisa nomat rame2 abis CGT, tempat gue bisa marah bareng2, tempat gue bisa nangis bareng2, tempat gue bisa...well, being myself without no one judging me for my oldself.

Gue care ama angkatan gue dan itu salah satu alasan napa gue aktif di kegiatan2. Gue care ama 2002, gue sayang banget ama nih angkatan n gue bangga ama angkatan gue. Each and everyone of us has a unique personality and no one could changed that fact, but really..here I could felt the old slogan, "Bhinneka Tunggal Ika"! Titik!

Gimana sih perasaan lo pas lo ngerasa angkatan lo dijauhin with no proper reason?
Gimana sih perasaan lo pas lo ngerasa seakan-akan ada persekongkolan buat ngejatuhin angkatan lo?
Gimana sih perasaan lo pas lo di-judge ngga kompak cuma gara2 beberapa orang ngga ikut MK and for God's sake, even if they had their own reason n for that you're being secluded?

Gue cape deh mikir ketidakadilan yang gue rasain selama 2 taun ini.
Asli gue pengen banget ngejernihin nih masalah secara upfront..debat langsung face to face ngga usah pake forum2 segala. Percuma berkoar-koar dengan orang2 yang cuma beraninya di forum doang =|

Tapi ternyata, pas di MK kemaren ada debat langsung face to face gitu, gue baru nyadar betapa bebalnya pikiran2 tetua2 di Fasilkom n gue langsung panas. Susah ya nerima sesuatu yang beda??
Emangnya lo bisa mati ya kalo konsep penerimaan mahasiswa baru itu diganti??
Emangnya lo bisa mati kalo anak2 yang ngga ikut MK jadi panitia MK??
Emangnya lo ngerasain gimana beratnya angkatan gue berusaha buat tetep satu walaupun digencet atas bawah??
Emangnya lo ngerasain gimana angkatan lo dibenci tanpa tujuan yang jelas??
Emangnya lo ngerasain perjuangan anak2 non MK buat diterima di Fasilkom tapi gagal blek cuman gara2 mereka ngga ikut event 3 hari doang??
Emangnya lo udah nanya ama angkatan gue apa MKnya lo itu segitu berharganya ampe yang ngga ikut MK nyesel ngga ikut MK?? Hohoho, lemme just tell you, gue berani jamin NGGA ADA SATUPUN YANG BERASA KALO MK TAUN 2002 ITU WORTHED!!! Ngga bakal ada kalo endingnya kaya gini, dijauhin cuma gara2 sekelompok orang ngga ikut MK, dijauhin padahal yang nge-mabimin sendiri ngga pernah disidang, and...uhm...sapa tuh yang bilang...kalo ada anak 99 yang MK ulang dan berasa PUAS???
Oh, really?? You should ask my batch yang ikut MK susulan, apa mereka PUAS BANGET gara2 ikut MK susulan?? Apa mereka lantas dapet esensi yang digembargemborkan oleh lo-lo semua?? BULLSHIT, you hear me?!
Emangnya angkatan gue salah ya kalo bikin MK yang bener2 bisa ngasi esensi buat anak barunya?? MK yang bener2 worthed untuk dijalenin?? Well, you should asked them ONE by ONE sebenernya mereka nangkep ngga sih makna yang pengen kita tanemin pas DK??

*cape*

And now, setelah 2004 nongol di Fasilkom, gue langsung berasa akhirnya 2002 bisa punya pegangan baru setelah semua angkatan sensi ama angkatan gue.
Gue bener2 care ama nih angkatan terutama setelah ngeliat mereka masing2 itu gmana, gue bener2 bangga ama 2004 n ngga peduli walopun yang ikut MK cuma 70%, gue nganggep semuanya, every single person, is worthy for me...
And sejujurnya, gue bener2 naro harapan besar biar 2004 nunjukin ke dunia apa konsep kita berhasil apa ngga, dan kalaupun ternyata ngga, well...we've tried, rite?
Gue NGGA BAKAL memperlakukan 2004 the same way 'they' treat my batch!!

Comments

MoMo said…
huaaaaahh may, hebat juga postingan loh.. Gw juga mikir, alasan pertama kenapa gw SELALU terlibat dalam kegiatan angkatan adalah karena ini angkatan gw ndiri. Kalo bukan gw yang bantu, siapa lagi??

~WhenYouSayNothingAtAll

Popular posts from this blog

Ayam Suwe

Weird

Years we have had