Friday, September 9, 2005

Nice Lecture

Banyak kuliah-kuliah aneh yang gue ikutin belakangan ini, mulai dari Sejarah Diplomasi Jepang yang sebenernya agak-agak bikin telinga panas berhubung tuh dosen sinting demen banget maki-maki anak muridnya (you name it, he'd said that already), sampai Pengantar Kajian Sinema yang dosennya ibu-ibu baik hati yang berhasil memikat hati gue dengan tutur katanya yang lemah lembut =P

Cinema, also known as film or movie, is the seventh recognized art in this universe, along with the architecture and comic book. It has plenty of material, and the most important is movement.

Itu basic kuliahnya sih, trus akhirnya ngebahas angle2 kamera yang dipake, tilting, travelling dan dolly (yang sangat2 mengingatkan gue akan bukunya Icha Rahmanti yang kedua), panning, close shot dan bla bla bla.

Really2 interesting, mana dosennya yang anak sastra Perancis itu senantiasa mengait-ngaitkan pelajarannya dengan Perancis (sinematek itu ada di sebelah sononya dari manalah di Perancis) dan selalu bercerita tentang film-film yang udah dia tonton (salah satunya adalah karya sutradara Perancis Nouvelle Vague -maaf kalo salah- tentang sejarah perancis dari awal abad 20 yang lokasinya HANYA dishoot dari sebuah ballroom, benar2 bikin ngiler berhubung tuh film MINUS kata2, hanya ada musik dan cerita bisu dari pemainnya >_< Uhh, mauu...)

Huee... trus diputerin Master and Commander - Far Side of The World, dan dibahas angle2 kameranya, inti ceritanya, dan sejarah Inggris dan Perancis =) Berhubung gue emang belum nonton =P Jadinya lumayan ngeliatin Russel Crowe, fufufu...

Menyenangkaaan......

0 tasted the wine: